Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Sejarah Dunia Versi Islam

AWAL pekan ini saya berkesempatan buka bersama penulis-penulis FLP di kawasan Senayan, Jakarta. Namanya, para penulis sastra, acara jelang buka itu diisi diskusi seputar sastra dan sejarah. Ada oleh-oleh dari acara itu, sebuah buku berjudul "dari puncak Baghdad, Sejarah Dunia versi Islam" karya Tamim ansary.

Saya belum membaca lengkap buku itu. Baru menyelesaikan bab pendahuluan. Akan tetapi rasa tertarik itu menggelegak dan tidak sabar untuk berbagi.

Tamim Ansary, penulis buku itu, memaparkan dirinya bertujuan menceritakan kembali "bagian yang hilang" dalam narasi sejarah yang dikenal selama ini. Menurutnya, sejarah dunia selalu diceritakan dari sudut pandang barat, dalam urutan dari Lembah Nil dan Mesopotamia, melalui Yunani dan Roma lalu Revolusi Prancis, hingga bangkitanya negara sekuler dan demokrasi.

"Islam hanyalah bab pendek dalam kisah panjang sejarah dunia itu, digabungkan dengan cerita barat tentang beberapa peradaban lain yang pinggiran."

Tamim menawarkan alternatif memandang sejarah dunia dari sudut pandang Islam. Dia berjanji menceritakan sejarah itu, bukan memaparkan sebagaimana buku teks ilmiah ataupun tesis. "Saya menceritakan kisah ini sebagai drama manusia yang dekat, karena seperti itulah umat Islam mengetahuinya."

Menariknya, buku ini ditulis sejarawan kelahiran Kabul, Afghanistan, dan kini tinggal di San Francisco, Amerika Serikat. Berikut profil singkat Tamim http://bit.ly/bGxtrE

Maaf, saya belum bisa bercerita lebih panjang, karena belum baca lengkap bukunya :)

Post a Comment for "Belajar Sejarah Dunia Versi Islam"