Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gempa Bumi Lagi

Kaget. Jogja, kota yang cukup penting bagiku kembali dilanda gempa. Sebagaimana dikutip detik.com, gempa berkekuatanberkekuatan 5,9 SR, mengguncang pada minggu (20/7) sekitar pulul 13.11 WIB.

Data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagaimana dikutip detik.com, gempa berpusat di koordinat 9 LS-111.24 BT, sekitar 135 KM tenggara Wonogiri - DIY. Gempa dirasakan sangat kuat oleh warga Yogya. Pusat kedalaman gempa 10 KM di bawah permukaaan laut.

Gempa itu dirasakan cukup kuat oleh warga yang tinggal di Kota Jogja hingga Sleman. Tentu, mereka cukup khawatir. Pasalnya, sisa-sisa gempa hebat 2006 silam masih terlihat jelas. Selain puing-puing, truma masih menghantui mereka.

Hal itu tampat dari laporan okezone.com, warga Bantul yang merupakandaerah terparah ketika gempa 2006,tampak berhamburan. Bahkan, acara raker sebuah partai sempat tertudan. Apalagi kalo bukan karena peserta berhamburan menyelamatkan diri.

Ternyata, selain Jogja, beberapa daerah juga diguncang. Antara lain, Sumut, Bengkulu, Toli-toli, Tasikmalaya, dan Maluku. Artinya, perlu kewaspadaan nasional karena wilayah Indonesia nyaris rata rawan gempa.

Semoga pelajaran bencana gempa bumi dahsyat Aceh 2005, Jogja 2006, Bengkulu 2007, bisa diantisipasi segera. Sekali lagi, kita diingatkan perlu bersahabat pada alam.

Post a Comment for "Gempa Bumi Lagi"